GAME HISTORY

Ini adalah sejarah perjalanan saya dalam dunia video games. Semuanya diulas tuntas, termasuk game favorit dan informasi lainnya.
 
THE BEGINNING:
 
Waktu saya masih kecil, saya sering diajak Bapak ke kantornya. Disitulah saya mengenal game-game komputer tempo dulu dan senang sekali memainkannya. Saya juga sering memainkan Arcade, mesin game yang biasanya ada di Mall atau pasar/tempat hiburan yang untuk memainkannya harus memasukkan coin.
 
CONSOLE HISTORY:
 
Awal perjalanan saya di dunia video games dimulai pada tahun 1986, ketika untuk pertama kalinya saya memiliki console (mesin game) game klasik yaitu Atari. Pada saat itu, Atari adalah console game paling bagus yang dijual di Indonesia. Biasanya saya bermain bersama saudara atau tetangga dekat rumah (waktu itu di kawasan Jati Waringin – Jakarta Timur).
 
Pada tahun 1990, saya mengenal console game Nintendo (NES – Nintendo Entertainment System) dari seorang kawan bernama Ovi Arianto. Di tahun itulah saya mengenal tokoh Mario & Luigi dalam Super Mario Bros. Begitu senangnya, sampai-sampai saya sering datang ke rumah Ovi meskipun hari masih pagi dan pulang sore harinya (rela menerima konsekwensi dimarahi pengasuh dan orangtua). Akhirnya, saya membeli console tersebut tahun 1991, tepat di hari ulang tahun saya yang ke-10. Kalau boleh dibilang, Nintendo adalah console yang paling banyak memberikan kenangan manis dalam sejarah video games saya…
 
Ketika saya masuk SMP, saya membeli console Sega (tahun 1994). Game yang paling saya sukai dari console ini adalah Sonic the Hedgehog (sampai-sampai saya pernah menetapkan hari Jum’at sebagai hari Sonic, maksudnya Sonic adalah satu-satunya game yang boleh dimainkan pada hari itu).
 
Pada tahun 1996, tepatnya di hari ulang tahun adik saya (14 September 1996), saya membeli console Super Nintendo (SNES – Super Nintendo Entertainment System). Banyak sekali game yang saya sukai, diantaranya seri Donkey Kong Country, Final Fantasy, Super Mario World dan beragam game Jepang. Selanjutnya, saya tidak pernah membeli console lagi dan hanya memainkan game-game PlayStation, Arcade dan console lainnya melalui program emulator di komputer.
 
SPECIAL:
 
Hal menarik yang paling saya sukai adalah merekam musik atau suara ketika sedang bermain game ke dalam kaset. Hingga saat ini, saya bahkan masih menyimpan rekaman-rekaman itu dengan baik. Saya sempat merasa sedih dan kehilangan ketika era PlayStation muncul, karena console-console klasik punah dan artinya saya tak lagi dapat menikmati musiknya. Untunglah, teknologi program emulator dan kemampuan Audio-Hacking di komputer memungkinkan saya untuk kembali mengangkat nada-nada unik itu kembali ke permukaan.
 
WHY?:
 
Mungkin Anda bertanya: Mengapa saya tidak membeli console lagi setelah SNES? Jawabnya, karena sejak console PlayStation muncul, game yang disajikan berformat 3D, dan mata saya sudah tak mampu lagi menjangkaunya. Akhirnya, saya memutuskan untuk hanya memainkan game tersebut lewat program emulator, membaca review dan mengoleksi soundtrack musiknya.
 
Berikut ini adalah daftar game yang menjadi kenangan/game favorit saya. Daftar ini dikelompokkan berdasarkan console gamenya.
 
Atari 4 BIT:
 
Air Sea Battle
Battlezone
Demon Attack
Devender
Q-Bert
 
NES (Nintendo Entertainment System)
 
1992
1993
1994
Adventure Island
B-Wings
Baloon Fight
Blaster Master
Castlevania
Chip & Dale: Rescue Ranger 1
Circus
C o n t r a
Double Dragon III
Duck Tales
Elevator Action
Final Fantasy I
Final Fantasy II
Final Fantasy III
Galaga
Galaxian
GI,JOE
Goonies
Gyruss
Ice Climber
Jackal
Jackie Chan-Action Kung Fu
Kage No Densetsu
Legendary Wings
Life Force
Little Nemo – The Dream Master
Macross
Mega Man 1
Milk and Nuts
P o p e y e
Rainbow Island
Super Mario Bros 1
Super Mario Bros 2
Super Mario Bros 3
Tenage Mutant Ninja Turtles 2
T e n n i s
Terra Cresta
Tetris
Tetris II
Top Gun
Twin Bee
 
SEGA (Genesis/Mega Drive)
 
Alien Storm
Altered Beast
Comix Zone
Golden Axe 1
Golden Axe 2
Golden Axe 3
Mortal Kombat 2
Mortal Kombat 3
Sonic the Hedgehog 1
Sonic the Hedgehog 2
Sonic the Hedgehog 3
Sonic and Knuckles
 
SNES (Super Nintendo Entertainment System)
 
Chrono Trigger
Dragon Ball Z 2
Dragon Ball Z 3
Donkey Kong Country 1
Donkey Kong Country 2
Donkey Kong Country 3
Final Fantasy 4
Final Fantasy 5
Final Fantasy 6
Gundamwing
Lion King
Lufia 1
Lufia 2
Mega Man X
Super Mario World
Universal Soldiers
Yu Yu Hakusho 1
Yu Yu Hakusho 3
Yu Yu Hakusho Final