senin, 17 september 2007

 

a new battle for my beloved!

Wah, nggak kerasa udah bulan puasa lagi. Well, soal kegiatan rutin yang biasa gue jalani kayaknya sama aja deh kayak tahun2 lalu. But...something is different here...

Seminggu sebelum puasa, Kagome akhirnya diterima kerja di Karawang. Itu artinya gue bakal jarang ketemu dia, paling nggak seminggu sekali, itu pun waktunya nggak lama *sad*.

Memang pekerjaan yang harus dijalaninya agak sedikit berat dan masih dalam tahap training. Jadi, butuh banyak tenaga dan ketahanan fisik untuk menjalaninya. Menurut ceritanya, dia diminta membuat pita untuk pakaian renang, dan bekerjanya sambil berdiri dan di ruangan itu nggak ada AC pula.

Gue bisa ngebayangin gimana kepanasannya dan kecapaiannya dia, apalagi di bulan puasa kayak gini. Sempet terbersit rasa kasihan dan kepingin minta dia berhenti aja, tapi ortu gue yang kayaknya tahu kegelisahan gue itu menenangkan dengan bilang bahwa ini adalah salah satu ujian untuk Kagome supaya nantinya dia lebih kuat dan siap menghadapi masa depan yang lebih berat lagi.

Iya juga sih, pikir gue. Lagian, biar keluarganya ikut merasakan hasil bahwa dia pernah sekolah dan akhirnya bisa bekerja. Meskipun honor yang diterimanya mungkin nggak seberapa, tapi semoga aja itu bisa menyenangkan dia dan juga keluarganya...

Berkaca dari pengalaman ini, gue pun jadi terpacu untuk bekerja lebih giat lagi. Kalau nantinya Kagome yang jadi pendamping hidup gue dan gue nggak mau dia kepanasan seperti sekarang, artinya gue harus mampu menghidupi keluarga tanpa harus Kagome kerja lagi...well, that's right!

So, go on my beloved Kagome...!

 

contra contra contra!!!

Hehehe, lagi2 gue mau ngomongin soal musik game klasik nih! Tapi kali ini gue bukannya ngereview album musik game yang gue beli, melainkan gue mereview proyek seseorang yang merekam musik dari seri game tembak2an klasik favorit gue, CONTRA.

Yang pernah main Nintendo jaman doeloe mungkin pernah akrab sama game tembak2an yang jagoannya ada dua, pakai celana biru dan merah. Yup, game itu judulnya Contra, dimana kita harus bertempur melawan robot dan alien dengan tembakan. Ada banyak senjata yang bisa diambil sebagai bonus, seperti M (Machine Gun), F (Fire), L (Laser), atau senjata favorit semua yang main Contra, S (Spread) yang dulu gue panjangin jadi "Sebar" karena emang peluru yang dihasilkan kalau ngambil bonus ini emang nyebar...

Game ini juga yang dulunya populer dengan rahasianya, 30 nyawa! Jadi, kalau mengaktifkan kode tertentu, nyawa pemain yang tadinya cuma 3 bisa jadi 30. Yup, so pasti gue masih inget kodenya! Waktu layar judul CONTRA muncul dan musiknya berbunyi, tekan ATAS, ATAS, BAWAH, BAWA, KIRI, KANAN, KIRI, KANAN, B, A, START.



Back to the project; minggu ini gue mendownload hasil karya seseorang bernickname Dubble. Dia juga salah seorang penggemar berat Contra di Amerika sono. Nah, doski merekam semua musik dari seri klasik Contra, mulai dari Contra versi Nintendo, MSX, Arcade, sampai Contra 3 untuk mesin game Super Nintendo. Jadi, musik2 game tersebut direkam Dubble dan dijadikan MP3 dan disediakan untuk bisa di-download.

Sejujurnya, gue memang punya nostalgia yang cukup kental dengan Contra, terutama seri pertama dan keduanya yang dibuat untuk Nintendo. Dulu sekitar tahun 90-an, gue sering menghabiskan waktu bareng saudara atau tetangga gue mainin game ini. Musiknya juga begitu melekat di ingatan gue, dan itu salah satu peninggalan yang menjembatani gue dengan kenangan masa kecil gue yang indah banget waktu itu. So, meskipun cuma sebagian dari hasil kerja Dubble yang jadi nostalgia gue, gue tetap download MP3 rekaman Contra ini.

Hmmm, agak susah juga kalau gue harus menjelaskan tentang musik2 Contra, soalnya instrumentasinya masih ala Nintendo (nggak jelas dan bunyinya tat-tit-tut). Tapi buat kalian yang tau dan pernah ngalamin keasyikan main game ini pasti tau deh gimana rasanya mengikuti petualangan seru dan menegangkan waktu dengerin musik2 Contra!

CATATAN: Contra, untuk musiknya adalah salah satu yang menurut gue paling optimal menggunakan instrumen Nintendo. So, for you Contra lover...CHECK THIS OUT!!!
 

selasa, 11 september 2007

 

tunanetra main game online?

Bermain game online dan punya kehidupan virtual disana mungkin bukan barang baru bagi para gamers, tapi pernahkah Anda membayangkan kalau ternyata tunanetra pun bisa main game online? Yap, pengalaman itu yang terjadi sama gue beberapa minggu yang lalu, waktu gue nemuin situs ini:

http://www.darkgrimoire.com

The Dark Grimoire, begitulah nama situsnya, adalah situs game online berbasis teks (text-based). Jadi, 90% elemen permainannya disajikan dalam bentuk teks. Nah, itu rahasianya kenapa tunanetra bisa main, karena untuk memainkannya nyaris nggak membutuhkan penglihatan. Tunanetra bisa memakai program pembaca layar untuk membaca teks yang ada di gamenya. Tapi, Dark Grimoire sendiri bukan situs yang diperuntukkan buat tunanetra lho! Hebat kan?

Back to Dark Grimoire; dalam game ini kita akan berpetualang di sebuah dunia bernama Valorn. Dengan bekal senjata dan perisai, kita akan bertempur melawan musuh, bertemu karakter baru atau yang sudah lama main di gamenya, dan pada akhirnya nanti bisa memilih profesi untuk karakter kita. Kalau kita sudah mencapai level 15, kita bisa memilih ingin menjadi Warrior, Cleric, Enchanter, atau Rogue. Semua punya keistimewaan sendiri2.

Kalau kita memilih jadi Warrior, kita bisa memakai senjata dan perisai yang kuat, dan tenaga tempur kita akan menjadi lebih dahsyat. Kalau jadi Rogue, maka kita akan memiliki kecepatan gerak yang tinggi dan bisa masuk ke tempat2 yang pemain lain nggak bisa masuk (namanya juga profesi maling). Lain lagi dengan Cleric dan Enchanter, mereka ini main kekuatan sihir! Dengan kekuatannya, Cleric bisa menyembuhkan diri sendiri atau pemain lain yang terluka, sementara Enchanter bisa meningkatkan kekuatan tempur seseorang.

Aktivitas sosial di game ini juga nggak kalah ramai. Di game ini, kita nggak bisa selamanya bermain sebagai individu tunggal, harus kerjasama juga dengan pemain lain. Misalnya, kalau kita ingin bisa lebih cepat mengalahkan musuh, kita harus berkenalan dengan para Cleric atau Enchanter yang berkeliaran dan minta mereka meningkatkan kekuatan kita. Kita juga bisa nanya sama mentor game yang tugasnya membimbing pemain yang baru bergabung dalam game, jadi kita bisa tahu misi apa yang harus kita jalankan. Kalau mau, kita pun bisa bergabung dengan guild, semacam kelompok atau gang gitu deh. Ada puluhan guild yang bisa kita pilih, tergantung selera kita dan kecocokan kita, karena guild akan menjadi seperti keluarga sendiri dalam game. Lalu...gimana dengan pacaran? Bisa dong! Bahkan, gue udah punya pacar virtual (status pacar hanya berlaku untuk karakter yang kita mainkan, bukan sungguhan).

Sampai gue menuliskan ini, gue udah level 17 dan memilih profesi sebagai Warrior. Kalau mau nyari gue, gue bergabung dengan guild G.O.L.D alias Guild of Legendary Defenders. Nama karakter gue; Aurorasword...

Kayaknya lebih jelas kalo kalian nyoba sendiri deh. Nah, kalau tertarik, ini orang2 yang sering berinteraksi dengan gue dan membantu gue selama bermain di Dark Grimoire...

Derema: Karakter cewek yang murah senyum ini membantu gue waktu awal2 main. Dia yang memandu gue ke mana gue harus pergi dan ngasih tau misi apa yang bisa gue jalankan. Kadang dia juga nyembuhin luka2 gue dan menaikkan kekuatan tempur gue tanpa sepengetahuan gue *smile*.

Zandor Kree: Warrior anggota G.O.L.D inilah yang menjadi mentor gue sebagai Warrior. Dia juga yang mewariskan pedang kuat yang membantu banget dalam pertempuran gue sekarang.

Aisling Darklighter: Cewek berprofesi cleric ini juga sering ngobrol sama gue dan membantu meningkatkan kekuatan tempur gue. Sama seperti Derema, dia juga ramah dan murah senyum.

Sam Rusher: Ini dia, bos G.O.L.D yang memberi modal awal berupa duit dan obat-obatan (bukan sungguhan, tapi untuk karakter di dalam game) yang sangat membantu gue menaikkan kemampuan tempur dan menghemat keuangan gue.

Circee: Nggak beda jauh sama Derema dan Darklighter, dia juga sering membantu gue. Hanya saja gue lebih sering konsultasi soal cewek sama dia *grin*.

Bambi Sunfire: My virtual girlfriend... Cewek berambut dan mata cokelat ini adalah anak yatim piyatu (menurut profil karakternya). Orangnya menyenangkan dan romantis.

---Berikut ini do'a yang dilantunkan saat gue dinobatkan sebagai Warrior---

May thee strike Hard,   
Fast abd true.   
Bringing quick ends,   
to all thy enemies,   
That stand before thee.   
May thy enemies always show thee,   
Thy weaknesses in battle.   
May thy armorments,   
always protect thy flesh,   
from the onslaught of thy enemies.   
May theee show thy enemies,   
no mercy , and no quarter,   
as they have shown none,   
to their countless victims.   
May the hunger,   
and thirst of thy swords and axes,   
be quenched, by the blood of thy enemies.   
May the realms, stay safe and protected,   
from all thatv would seek to do evil unto its citizenry,   
by the blood, of thy warrior kindred.   
 

::kneeling, in a moments silence, for all those who have fallen::